Selasa, 26 April 2011

Langkah Menjual Yang Satu ini?

4 step menjual shock absorber

Step 1: Tersenyum dan berikan additional sevice yang luar biasa
                 1. Customer akan lebih percaya apabila ditangani oleh mekanik yang profesiional ( cepat, tanggap, edukatif, ramah )
                 2. Percaya diri dalam menjual adalah kunci keberhasilan .

Step 2
: Periksa kondisi fisik
- Cek fisik shock absorber :
                 1. Jika ditemukan rembesan oli , segera informasikan ke customer untuk segera diganti
                 2. Jika terlihat bengkok atau baret pada bagian batang shock absorber informasikan juga ke customer
                 3. Periksa kondisi karet penahan atau karet support , jika rusak juga akan mempengaruhi kinerja shock absorber

- Cek kondisi ban kendaraan     :
                 1. Kondisi ban yang bergelombang pada bagian dalam adalah akibat dari kinerja shock absorber sudah tidak sempurna
                      periksa dengan cara meraba pada bagian telapak ban bagian dalam dari arah depan ke belakang, jika sudah
                      bergelombang segera informasikan untuk penggantian.
                 2. Sebelum menginformasikan sebaiknya tanyakan terlebih dahulu , apakah ban tersebutsudah pernah dirotasi atau blm                    tidak semua customer melakukan rotasi ban secara rutin.

-Cek Km kendaraan       :
                 1. Usia pakai shock absorber + 40.000 km dan untuk pengecekan setiap 20.000 km angka ini adalah angka rata-rata
                      tergantung dari kondisi jalan dan beban angkut dari kendaraan.
                 2. Jika km kendaraan lebih dari 40.000 , dan kondisi shock absorber masih terlihat bagus , coba tanyakan apakah
                      shock absorber nya sudah di ganti atau belum , jika belum segera periksa kondisi bannya

Step 3: Informasikan akibat dari shock absorber yang rusak
                 1. Customer akan lebih yakin untuk mengganti shock absorber jika diperlihatkan fakta dalm bentuk gambar atau
                      bukti nyata shock yang rusak ( bocor, bengkok, patah ) atau ban yang bergelombang
                 2. Perlihatkan gambar atau poster yang menerangkan informasi tentang shock absorber dan akibat-akibatnya

Step 4: Tawarkan untuk pengecekan dengan cara dibongkar dari kendaraan
                 1. Jika customer masih belum yakin dengan penjelasan yang ada , tawarkan untuk pengecekan lebih detil dengan
                      cara melepas dari kendaraanya.
                 2. Sebelum dilepas , pastikan bahwa kita memiliki stock barang yang dibutuhkan.
                 3. Setelah dilepas dan diperiksa ajak customer untuk membandingkan dengan shock yang baru, bandingkan cara
                      kerjanya dengan ditekan secara bersamaan , biasanya shock yang baru akan lebih cepat respon nya.
                 4. Pada tahap ini kita sudah 50% untuk dapat menjual shock absorber ,tinggal kita rayu customer untuk sekaligus
                      mengganti shock absorber , sebab sudah dalam kondisi terlepas dari kendaraan.

Berlangganan via RSS Feed

Anda Ingin artikel seperti ini langsung ke Email anda Silahkan masukkan alamat Email anda Untuk Berlangganan :

Enter your email address:

Buka email anda & klik link konfirmasi berlangganannya FeedBurner

KIRIM SMS GRATIS


Make Widget

Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates