Sabtu, 21 Mei 2011

10 Langkah Melipat Gandakan Motivasi

1. “Positive Affirmation”.
Ciptakan kebiasaaan melakukan pengulangan-pengulangan positif setiap hari khususnya pada pagi hari. Misalnya, katakanlah , “saya akan menjalankan hari ini dengan antusiasme yang tinggi dan siap mengambil tindakan atas setiap kesempatan yang diberikan”. “Kegagalan hanyalah batu loncatan mencapai kesuksesan.” “Saya adalah seorang juara dan hanya yang terbaik yang saya berikan hari ini.” Ingat pikiran bawah sadar kita adalah penggerak kesuksesan atau kegagalan kita.

2. “Menggunakan kata-kata positif.”
Gantilah kata “masalah” dengan “tantangan”, kata halangan” dengan “kesempatan”, “tidak mungkin” menjadi “mungkin”, “tidak mampu” menjadi “mampu”. Dengan menggunakan kata-kata positif anda mengendalikan pikiran, perasaan dan tindakan anda ke arah yang positif. Maka hindarilah orang-orang yang negatif.

3. Olah raga secara rutin
Lakukan olah raga secara rutin minimum 15 menit dan tiga kali dalam seminggu. Survey yang dilakukan oleh Gallup menemukan bahwa mereka yang berolah raga, 66 % merasa lebih relaks, 62 % menemukan energy baru, 51 % mempunyai penampilan yang lebih menarik, 37 % menjadi lebih kreatif di dalam pekerjaannya. Jika anda merasa kurang bersemangat jangan duduk diam, tetapi bergeraklah.

4. Ambilah Resiko dalam Hidup.
Seringkali demotivasi/kurang semangat datang menghantui kita karena seringnya kita mengerjakan pekerjaan yang bersifat rutin. Kita sering terjerat di dalam comfort zone, dengan berusaha menghindar dari resiko baru dan menjauhkan diri dari kegagalan. Mari mengubahnya dengan mulai dari hal yang mudah, sebagai contoh ambil rute yang berbeda ke tempat kerja anda, cobalah kegiatan atau hoby baru di dalam hidup anda.

5. Penuhi diri anda dengan hal-hal positif.
Isi waktu dan pikiran anda dengan bacaan-bacaan positif, seminar-seminar motivasi dan pengembangan diri, dan dengarkan musik-musik yang menambah motivasi di dalam diri anda. Baca buku-buku cerita sukses mengenai orang-orang yang berhasil keluar dari kegagalan hidup. Hal ini akan memompa semangat anda.

6. Visualisasikan keinginan Anda.
Carilah gambar-gambar yang mengasosiasikan tujuan anda. Pikirkanlah tujuan anda setiap hari dan visualisasikan langkah-langkah untuk mencapainya. Visualisasikan perasaan anda ketika anda berhasil mencapai tujuan dan visualisasikan juga keuntungan yang anda peroleh. Hal seperti ini akan cukup membakar motivasi yang lemah menjadi terbakar. Ingat bahwa jika anda tidak pernah menyediakan waktu untuk memvisualisasikan tujuan anda, maka tujuan anda tidak akan pernah tercapai.

7. Gunakan filosofi “Think Big”.
Bersikaplah optimis dalam menghadapi tantangan hidup. Seorang juara tidak menghabiskan waktunya berkeluh kesah dan memikirkan masalah yang dihadapinya, melainkan fokus pada solusi dan kesempatan yang tersedia. Arahkan dan fokuskan pikiran anda, maka motivasi tersebut akan muncul dengan sendirinya.

8. Tentukan Target Anda
Buatlah target usaha anda dengan jelas, terperinci, terukur, realistis dan mempunyai batas waktu. Jangan mempunyai target yang mengambang atau tidak jelas. Bagilah target anda menjadi beberapa bagian sehingga terasa realistis dan memompa motivasi kita untuk mewujudkannya.

9. Perhatikan Penampilan Anda.
Orang yang sukses sangat berhati-hati dalam penampilan dan gerak tubuhnya. Jalanlah sedikit lebih cepat, senyumlah dengan semangat, tariklah nafas yang panjang, tegakkanlah postur tubuh anda, ubahlah tatapan mata anda sehingga menjadi lebih bersemangat. Anda harus berpura-pura terlihat sukses, sebelum anda mencapai kesuksesan yang anda inginkan. Jadi, perhatikanlah tampilan sukses anda.

10. Bertindaklah
Ambillah tindakan setiap hari agar semakin dekat dengan tujuan anda. Tidak penting seberapa besar tindakan anda, selama anda terus memikirkannya dan mengambil tindakan yang konkret untuk mewujudkannya, anda pasti termotivasi.


Berlangganan via RSS Feed

Anda Ingin artikel seperti ini langsung ke Email anda Silahkan masukkan alamat Email anda Untuk Berlangganan :

Enter your email address:

Buka email anda & klik link konfirmasi berlangganannya FeedBurner

KIRIM SMS GRATIS


Make Widget

Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates