Jumat, 06 Mei 2011

8 Langkah Menghemat Bahan Bakar Mobil

Saat ini kendaraan baik motor maupun mobil merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan bagi sebagian orang yang hidup di kota-kota besar. Semakin meningkatnya biaya kebutuhan hidup serta masih tingginya harga bahan bakar, apalagi harga Pertamax yang kabarnya pemerintah telah menaikan harganya berkali – kali di tahun-tahun terakhir ini, mendorong banyak pihak untuk mencari langkah-langkah cerdas untuk menghemat biaya kendaraan. Oleh karena itu, Blog Berpikirusaha perlu kiranya memberikan beberapa tips-tips yang berguna untuk kendaraan anda agar lebih efektif dalam pembelanjaan rumah tangga Anda. Berikut tipsnya:
1. Usahakan menggunakan mobil bermesin empat silinder daripada V6 dan V8. Karena mobil berukuran kecil cenderung lebih hemat bahan bakar daripada mobil berukuran besar.
2. Jangan menunggu
Jangan biarkan mesin mobil dalam kondisi berhenti untuk hidup terlalu lama. Setelah menghidupkan mobil pada pagi hari, lebih baik mobil dikendarai daripada membiarkannya menghangat di tempatnya. Cukuplah 2 menit untuk pemanasan bagi mobil anda.
3. Tenang
Berkendaralah dengan tenang dan pelan-pelan. Hindari mengendarai dengan kecepatan tinggi serta menggunakan banyak rem. Kendarailah mobil dengan kecepatan sedang. Jika ingin menambah kecepatan, jangan turunkan kecepatan awal. Pertahankanlah kecepatan tersebut dengan kecepatan tetap pada roda gigi bagian atas.
4. Jangan memaksa
Mengendarai mobil di atas kecepatan rata-rata yang menggunakan sekitar 50% kekuatan mesin akan memaksa pergerakan aerodinamik. Cobalah untuk tidak memaksa kerja mesin dengan menambah muatan pada mobil. Muatan yang berlebihan akan menghabiskan bahan bakar sampai 5%. Jangan nyalakan AC mobil dengan jendela terbuka karena mengganggu aliran udara dari luar dan menyebabkan mesin bekerja ekstra.
5. Tetap hangat
Mesin akan bekerja tidak efektif dalam keadaan dingin, karena tidak menggunakan sedikitpun bahan bakar. Hal ini akan mempercepat pengotoran emisi dan menyulitkan sewaktu mobil akan dipakai. Hindari menggunakan mobil dengan mesin dalam kondisi dingin.
6. Bahan bakar rutin
Jika mobil anda termasuk yang membutuhkan bahan bakar rutin, usahakanlah untuk tidak membeli bahan bakar jenis premium. Karena semakin menambah kecepatan laju mobil. Banyak mobil yang didesain menggunakan bahan bakar biasa. Jika anda ingin menggunakan bahan bakar premium, konsultasilah dengan dealer apakah mobil anda termasuk yang dapat menggunakan dua jenis bahan bakar tersebut.
7. Membeli pelumas dan bahan bakar
Sesuaikan interval kadar pelumas dengan mobil, dimana rata-rata sebuah mobil yang dikendarai di bawah kondisi normal 7.500 mil. Gantilah pelumas sesudah mobil mencapai jarak tempuh 5.000 km.
8. Stay tuned
Jarak tempuh mobil menurut EPA berdasarkakn pada well-tuned serta ketahanan mobil tersebut. Menjalankan mobil pada kondisi subpar dapat menurunkan resiko. Mesin berdaya tahan buruk cenderung menurunkan jarak tempuh sekitar 10-20%. Mobil bermesin elektronik modern tidak banyak memerlukan tune up, meskipun masih harus melakukan perawatan dengan menurunkan komponen-komponennya secara rutin.
Demikian tips-tips dari BlogBerpikirusaha, diedit seperlunya.
Semoga Bermanfaat.

Berlangganan via RSS Feed

Anda Ingin artikel seperti ini langsung ke Email anda Silahkan masukkan alamat Email anda Untuk Berlangganan :

Enter your email address:

Buka email anda & klik link konfirmasi berlangganannya FeedBurner

KIRIM SMS GRATIS


Make Widget

Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates