Kamis, 26 Mei 2011

Apa yang Terjadi dengan Tekanan Darah

Alhamdulillah hari ini saya telah mendonorkan darah di PMI Cakung. ada sesuatu yang janggal ketika saya melakukan test tekanan darah. menurut PMI tekanan darah yang normal untuk bisa melakukan donor darah adalah 120/80mmHg. dalam hal ini kamis yang lalu saya mendatangi PMI Bekasi setelah mengisi form pendonor kemudian dilakukanlah tes tekanan darah. Namun hasilnya menunjukan tekanan darah saya rendah atau dengan kata lain saya tidak bisa melakukan donor darah pada waktu itu.
Kemudian hari ini tepatnya tanggal 26 Mei 2011 saya kembali mendatangi PMI Bekasi untuk melakukan donor karena kejadian tes darah minggu lalu yang menggagalkan saya melakukan kegiatan mulia ini. Namun lagi-lagi tes darah saya tidak memnuhi syarat untuk hal ini. dengan perasaan yang penuh pertanyaan, apakah saya menderita hipotensi atau memang alatnya rusak atau kenapa? kemudian saya mendatangi PMI yang ada di Cakung. Beruntung ditempat ini saya dapat mendonorkan darah saya, karena menurut hasil tes, saya telah memenuhi syarat untuk berdonor. tapi dari pengalaman ini saya mendapat inspirasi bahwa
Penyebab hipotensi

Penyebab hipotensi bervariasi antara lain karena:

Dehidrasi.
Efek samping obat seperti alkohol, anxiolytic, beberapa antidepresan, diuretik, obat-obatan untuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner, analgesik.
Masalah jantung seperti perubahan irama jantung (aritmia), serangan jantung, gagal jantung.
Kejutan emosional, misalnya syok yang disebabkan oleh infeksi yang parah, stroke, anafilaksis (reaksi alergi yang mengancam nyawa dan trauma hebat.
Perdarahan, dll. Anda sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter atau spesialis jika sering pingsan atau hipotensi mengganggu kualitas hidup Anda.
Diabetes tingkat lanjut

Pengobatan

Hipotensi pada orang sehat yang tidak menimbulkan masalah biasanya tidak memerlukan perawatan.
Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala tekanan darah rendah, Anda mungkin memerlukan pengobatan, yang tergantung pada penyebabnya.
Jika hipotensi ortostatik disebabkan oleh obat-obatan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau memberikan obat yang berbeda. Jangan berhenti minum obat sebelum berkonsultasi dengan dokter. Pengobatan lain untuk hipotensi ortostatik termasuk penambahan cairan untuk mengobati dehidrasi atau memakai selang elastis untuk meningkatkan tekanan darah di bagian bawah tubuh.
Mereka yang menderita hipotensi jenis NMH harus menghindari pemicu, seperti berdiri untuk waktu yang lama. Pengobatan lain melibatkan banyak minum cairan dan meningkatkan jumlah garam dalam makanan. (Pengobatan ini harus atas rekomendasi dokter karena terlalu banyak garam juga dapat berbahaya bagi kesehatan).
Hipotensi akut yang disebabkan oleh syok adalah kedaruratan medis. Anda mungkin akan diberi transfusi darah intravena, obat-obatan untuk meningkatkan tekanan darah dan kekuatan jantung, serta obat lainnya seperti antibiotik.

Beberapa Tips bagi Penderita Hipotensi

Banyak wanita penderita hipotensi yang memiliki tingkat zat besi sangat rendah karena menstruasi yang sangat banyak. Mintalah nasihat spesialis bila membutuhkan suplemen penambah darah.
Terjatuh sangat berbahaya bagi orang tua karena dapat membuat cedera patah tulang dan komplikasi lainnya. Selalu dampingi orang tua Anda yang menderita hipotensi berat.
Bila Anda merasakan gejala penurunan tekanan darah, Anda harus segera duduk atau berbaring dan mengangkat kaki Anda di atas ketinggian jantung.
Jika tekanan darah rendah menyebabkan seseorang pingsan, segeralah cari perawatan medis. Jika orang tersebut tidak bernafas, segeralah lakukan pertolongan bantuan pernafasan. Sumber: majalah kesehatan.com

"Ilmu Laksana Binatang Buruan dan Tali Pengekangnya adalah Pena dan Tinta, Ikatlah Binatang Buruanmu dengan Tali yang Kokoh (Imam Syafi'i" Dengan Menulis Blog Berarti Kita Mengikat Pengetahuan Kita agar Tidak Tercerai Berai, dan Membagi Pengalaman Kita untuk Dikritisi oleh Pembaca (Penulis)

Berlangganan via RSS Feed

Anda Ingin artikel seperti ini langsung ke Email anda Silahkan masukkan alamat Email anda Untuk Berlangganan :

Enter your email address:

Buka email anda & klik link konfirmasi berlangganannya FeedBurner

KIRIM SMS GRATIS


Make Widget

Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates