Kamis, 19 Mei 2011

Cara Membangun Self esteem / Rasa Percaya Diri

Berhentilah Untuk Membandingkan Diri Anda Dengan Orang Lain.
Anda akan menemukan kenyataan bahwa ada orang yang lebih baik dan lebih buruk dari anda. Jika anda terus membandingkan diri dengan orang lain, maka anda akan bertemu dengan orang-orang yang belum mampu anda tandingi. Tapi ingat: “kesuksesan hakiki bukan ketika kita berhasil mengalahkan prestasi orang lain, tetapi ketika kita berhasil mengalahkan diri kita dan mencapai prestasi yang memang semestinya kita capai sesuai kapabilitas atau kemampuan kita.”
“Jangan Menjelek-jelekkan Diri Anda”
Anda tidak akan memiiki self esteem yang tinggi, jika anda terus menjelek-jelekkan diri anda dengan kalimat seperti “Saya tidak akan sukses”. Atau “Setiap hal yang saya lakukan pasti gagal.” Kalimat-kalimat ini hanyalah memperkuat perasan negative dan tentu akan menurunkan self esteem anda.
Jangan Menolak Pujian
Pernahkan anda menerima pujian dan anda mengatakan: “Oh itu adalah hal yang biasa, semua orang juga akan melakukan hal yang sama.” Ketika anda menolak pujian anda akan memberikan pesan kepada diri anda bahwa apa yang anda lakukan tidaklah berharga. Jadi mulai sekarang, jika ada yang memuji anda, terimalah pujian tulus itu dengan mengucapkan, “Terima kasih”.
Berkawan Dengan Mereka Yang Positif
Jika anda membiarkan diri anda dikelilingi oleh orang-orang negative yang sering menghambat pencapaian sukses anda, rasa percaya diri anda akan turun. Maka pilihlah atau bertemanlah dengan orang-orang yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. Lingkungan positif akan membangun semangat positif dalam diri anda.
Tentukanlah Arah Hdup Anda Sendiri.
Jalankan hidup anda seperti yang anda inginkan. Jangan membuat hidup anda didikte oleh orang lain yang menentukan apa yang terbaik untuk anda. Anda tidak akan bangga dengan diri sendiri jika hidup anda disetir oleh orang lain. Jika anda mengikuti kata hati anda, rasa percaya diri anda pasti akan bertumbuh.
Ambillah Tindakan.
Anda tidak akan memiliki self esteem yang tinggi jika anda hanya menjadi penonton di pinggir lapangan dan menghindar dari setiap tantangan yang diberikan hidup ini. Ambilah tindakan apapun hasilnya nanti anda akan merasa bangga terhadap diri sendiri. Sejalan dengan bertumbuhnya rasa percaya diri, anda akan lebih berani mengambil resiko dan lebih berani menghadapi kegagalan. Ambil tindakan merealisasikan cita-cita menjadi wirausaha sukses.
Jika anda berhasil membangun mental positif mulai dari self esteem, maka apapun yang anda lakukan dapat dipastikan akan berhasil. Anda mempunyai keyakinan bahwa anda bisa, maka anda akan berjuang untuk mendapatkan keyakinan itu. Dengan demikian bila anda mempunyai keyakinan akan menjadi Wirausahawan Sukses, maka anda akan melakukan apapun untuk mencapai sukses yang anda impikan.


Berlangganan via RSS Feed

Anda Ingin artikel seperti ini langsung ke Email anda Silahkan masukkan alamat Email anda Untuk Berlangganan :

Enter your email address:

Buka email anda & klik link konfirmasi berlangganannya FeedBurner

KIRIM SMS GRATIS


Make Widget

Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates