Sabtu, 14 Mei 2011

Stel Carburator sendiri

Bagi Anda yang punya mobil lawas dan tertarik buat utak-atik, bisa ikuti trik berikut ini yang diperagakan pada Toyota Kijang, bisa untuk mesin 5K maupun 7K karburator.
CARBURETOR CLEANER
Toyota Kijang punya karburator yang lumayan simpel. Membersihkannya mudah, kok. "Selama tidak ada keluhan cukup dibersihkan saja," bilang Bpk Teguh, kepala bengkel Bima Motor, Bekasi.
Siapkan kunci-kunci 10, 12 dan 14 mm, obeng minus dan carburetor cleaner. Pertama, tentu copot dulu saringan udara dan rumahnya yang biasa diikat baut 10 dan 12 mm.
Setelah terbuka semua, bersihkan bensin yang ada di ruang pelampung. Caranya, buka baut setelan angin yang ada di bawah karburator sebelah kanan pakai obeng minus. Bensin akan mengucur keluar. Buka saja sampai copot. Hati-hati jangan sampai hilang. Lanjutkan membuka baut drain 14 mm penutup spuyer di bagian depan bodi karburator. Bensin pun mengucur keluar juga. Dari lubang ini tampak spuyer-spuyernya. Langsung semprot carburetor cleaner ke lubang spuyer dan baut setelan angin tadi.
Kelar menyemprot, pasang lagi bautnya dan hidupkan mesin. Setel angin supaya mesin langsam, kira-kira 1,5 putaran. Lalu bekap karburator pakai tangan beberapa kali. "Tujuannya mengeluarkan bensin kotor yang tersisa di dalam karburator," menurut mas Teguh, Teguh yang ini bukan kepala bengkel tapi mekaniknya. Maklum Punggawa2 Bima Motor yang terletak di Dukuh Bima, Kota Legenda mempunyai kemiripan nama. Jadi untuk membedakanya saya cukup panggil “Pak” (ini untuk kepala bengkel) & “mas” (untuk mekaniknya)
Lanjutkan semprot carburetor cleaner ke dalam karburator. Putaran mesin akan turun seperti mau mati. Sebaiknya naikkan putaran dengan membuka skep gas. Kalau mati, tinggal start lagi.
Setelah kelar membersihkan, setel kembali angin. Tutup baut setelan dulu sampai mesin mau mati, lalu putar untuk membuka kira-kira 1,5 putaran. Dapatkan feeling terbaik, karena saat dibuka, putaran mesin akan naik.
Sampai suatu saat, putaran mesin akan turun. Hentikan putaran saat putaran mesin tertinggi dan stabil. Kalau perlu tambahkan seperempat putaran supaya mudah hidup pada saat dingin. Kelar, deh. Gimana, sudah siap utak-atik?

Berlangganan via RSS Feed

Anda Ingin artikel seperti ini langsung ke Email anda Silahkan masukkan alamat Email anda Untuk Berlangganan :

Enter your email address:

Buka email anda & klik link konfirmasi berlangganannya FeedBurner

KIRIM SMS GRATIS


Make Widget

Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates